Publikasi Ananda PBD (2019-2020)




بسم الله الرحمن الر حيم

Antara lain misi pendidikan di Flexischool PBD adalah untuk menumbuhkan dan menguatkan pemahaman dan keterampilan literasi anak-anak, utamanya di bidang kepenulisan.

Karena, menulis adalah bentuk komunikasi yang powerfull, dan akan sangat membantu dunia dakwah serta tarbiyah di masa mendatang.

Menulis juga merupakan latihan mengkonversi pengetahuan tacit (pengetahuan yang tersimpan di pikiran & perasaan) menjadi explicit (pengetahuan yang tersampaikan ke orang lain, melalui bentuk teks, audio, maupun video).

Dengan berlatih menulis, anak-anak juga belajar bagaimana berkomunikasi menggunakan bahasa yang lebih terstruktur, lebih rapi, dengan diksi yang lebih kaya.

Karena itu, dalam keseharian proses belajar di Flexischool PBD tak lepas dari kegiatan menulis dan berkarya.

Dan berikut adalah beberapa dokumentasi karya tulis ananda Nadirah, Muthia, Gofur, dan member klub LingArt yang sudah dipublikasikan pada tahun 2019-2020. 


1. Bersama Cerivitas

Cerivitas adalah komunitas belajar menulis untuk anak-anak yang diasuh oleh Kak Sari (Ibu Homeschooling), dan rutin mengadakan proyek kepenulisan ataupun proyek kreativitas seru lainnya setiap tahun.
Untuk yang mau mendapatkan info proyek dan mengikutinya, bisa cek di blog cerivitas. Di sini anak-anak boleh berkreasi sesuai dengan values keluarga masing-masing, misalnya hanya ingin membuat buku non fiksi dan berilustrasi faceless maupun tidak menampilkan gambar makhluk bernyawa.

 

Diary Taddabur Quran Dira, karya Nadirah (Kelas 1), dari proyek menulis bersama Cerivitas.
Versi eBook bisa dibaca gratis di sini

Baarokallahu fiiha.


2. Bersama Bukuku Club

Bukuku Club adalah komunitas kreator buku cilik yang mengajak anak-anak untuk menulis buku dan mempublikasikannya. Didirikan oleh Bubu Pipit (ibu homeschooling), bukuku club punya banyak program seru belajar bikin buku untuk anak-anak, yang dimulai dari nol alias dari awal, hingga akhirnya dicetak dan dipublikasikan menjadi sebuah buku yang unik dan cantik.

Bisa cek di sini bagi yang ingin mengikuti program belajar bikin buku dari bukuku club. Serupa dengan Cerivitas, anak-anak boleh berkreasi seluas-luasnya, dan sesuai dengan values keluarga masing-masing, termasuk jika hanya ingin membuat buku non fiksi dan berilustrasi faceless maupun tidak menampilkan gambar makhluk bernyawa.




Makanan Halal dan Kiko Hilang, 2 karya dari ilustrator cilik PBD: Muthia Rahma (9 tahun, Kelas Inklusi).

Muthia Rahma adalah ananda istimewa, dengan gangguan pendengaran sejak lahir dan sudah menggunakan hearing aid.
Ananda berbakat di bidang seni visual, jago menggambar & bermain dengan warna.

Baarokallahu fiiha.

Catatan:
Pada 2 proyek menulis ini di Flexischool PBD gambar masih dibolehkan menulis fiksi dan menggambar ilustrasi makhluk bernyawa secara utuh. Mulai akhir 2019 flexischool PBD baru mengenal hukum-hukum menggambar dan membuat tulisan, sehingga baru kemudian memberlakukan aturan penulisan non fiksi dan ilustrasi faceless di kurikulumnya.




Membuat Sendiri Mainan Kertas, karya M. Gofur Nurrachman (10 tahun, kelas Inklusi).

Saat karyanya ini dipublikasikan, Ananda Gofur - sang anak istimewa -  sedang berproses untuk belajar membaca & menulis. Namun ia berbakat sekali di bidang seni rupa & visual. Tiada hari tanpa membuat sesuatu, termasuk dari kertas! Begitu lah kira-kira gambaran keseharian ananda. Sehingga, untuk proyek tahunannya saat itu diarahkan untuk mendokumentasikan tahapan membuat mainan kertas menjadi sebuah buku tutorial mini. Ananda dibimbing dan dibantu oleh Fasilitatornya, Ibu Rima. 

Alhamdulillah, ananda juga telah menyelesaikan program magangnya saat itu sebagai asisten fasilitator yang bertugas mengajari adik-adio kelas 1 Tamyiz membuat karya dari kertas, pada mapel crafting.

Baarokallahu fiihi.


Berikutnya adalah karya tulis dari ananda-ananda member klub LinguistikArt (LingArt).

Di Flexischool PBD ada program klub peminatan yang bisa diikuti oleh ananda umum/dari sekolah lain, antara lain klub LingArt ini. Proyek menulis buku ini ada di program akhir semester setelah sebelumnya member klub telah terlebih dahulu belajar banyak hal tentang teknik kepenulisan dan menggambar.

Baarokallahu fiihim.






Demikianlah dokumentasi publikasi karya ananda PBD tahun 2019-2020.

Meski tidak dipublikasikan, namun sebenarnya ada banyak karya lainnya dari ananda lain, hasil belajar sehari-hari mereka di kelas. 

Tiada hari tanpa kreativitas dan menulis karya!

-----



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Assesment Psikologis - Pemetaan Profil Calon Ananda Didik PBD

Ternyata, Public Speaking Dapat Meningkatkan Kemampuan Akademis!

Kecerdasan Anak Bukan Hanya Satu? Apa Saja?