Publikasi Ananda PBD (2023)



بسم الله الرحمن الر حيم

MasyaaAllah, ini lah karya ananda-ananda kelas-4 Flexischool PBD, dari tugas Proyek Akhir Semester-1 (PAS-1) mereka kemarin. PAS ini sekaligus sebagai Ujian Akhir Semester-2 kelas 4 untuk mapel tematik, jadi mereka tidak diuji pemahaman dan penguasaan materinya melalui ujian tertulis, melainkan diuji melalui pengerjaan proyek kepenulisan karya ilmiah populer ini.

Sebuah karya ilmiah populer, yang khusus mengangkat problematika masyarakat tambang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sesuai tema pembelajaran IPA, IPS, dan PPKN di semester ini yang membahas tentang keragaman sumber-sumber ekonomi masyarakat Indonesia. Karena ini merupakan karya ilmiah populer, maka tulisan harus disajikan dengan diperkuat oleh data-data valid dan akurat. Di sini lah peran pembelajaran matematika mereka, di mana mereka harus menyajikan berbagai perhitungan data antara lain tentang perhitungan luas area, usia panen, data statistik, maupun perhitungan harga dan pemasukan daerah.

Alhamdulillah sudah ditinjau oleh
sosiolog Universitas Bangka Belitung,
Ibu Dr. Fitri Ramdhani Harahap, M.Si.

PAS kali ini cukup menantang karena jadwalnya cukup ketat, hanya berdurasi sekitar 2 pekan saja. Ananda bekerja keras selama 2 pekan tersebut untuk mengerjakan proyeknya, mulai dari pengumpulan data, menulis draft naskah, hingga finishing. 
Agar memudahkan, ananda diperbolehkan menulis naskah menggunakan bantuan fitur voice-to-text pada aplikasi note di hp maupun laptop, karena ananda belum lancar jika mengetik langsung. Mereka semua didukung oleh orangtuanya masing-masing. Ada orangtua yang membantu menyambungkan telepon dengan narasumber karena anandanya membutuhkan beberapa data untuk naskahnya, ada yang membantu mengantarkan anandanya ke Museum Timah Indonesia karena ananda butuh riset di sana, ada juga yang setia mendampingi ananda surving di internet karena ananda membutuhkan studi referensi untuk memperkaya informasi pada naskahnya (proses pencarian data dan informasi di web-web resmi tetap membutuhkan pendampingan orangtua, agar ananda dapat menggunakan internet secara sehat dan aman, terhindar dari konten negatif yang kadang muncul tanpa diundang di mesin pencarian ataupun di web yang mengaktifkan adds-on ).



Buku bisa dipesan langsung ke
penerbit AlFawwaz Educative Publisher.
Yang menjadikan buku antologi ini semakin istimewa adalah turut hadir bunda-bundanya berbagi sedikit kisah membersamai ananda mereka masing-masing dalam proyek ini.

Dilengkapi pula dengan sedikit sharing dari Ibu Fasilitator Kelas, berupa lesson plan dan gambaran umum tahapan pembelajaran hingga akhirnya semester-1 kelas-4 ditutup dengan proyek akhir karya tulis ini.


InsyaaAllah buku antologi ini bukan hanya akan menambah wawasan & motivasi ananda-ananda pembaca cilik, melainkan juga dapat menambah referensi bagi segenap orangtua & pendidik. 


Buku ini ditulis oleh ananda Ashghar, Salsabillah, Nadirah, dan Salwa, dengan rekomendasi pilihan tema dan judul sesuai latar belakang minat-bakat ananda dan keterampilan/profesi orangtuanya. Ananda dibolehkan memilih di antara tema dan judul yang direkomendasikan ibu Fasilitator, mengajukan tema dan judul sendiri, atau memodifikasi dari rekomendasi tersebut. Berikut profil ringkas keempat penulis:





Semoga karya ini dapat bermanfaat menambah wawasan literasi dan motivasi untuk menulis bagi para ananda pembaca, orangtua, serta para pendidik.


Baarokallah.

--

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Assesment Psikologis - Pemetaan Profil Calon Ananda Didik PBD

Ternyata, Public Speaking Dapat Meningkatkan Kemampuan Akademis!

Kecerdasan Anak Bukan Hanya Satu? Apa Saja?