Tim KBBA - Pengampu & Peninjau Pembelajaran Al-Quran & Bahasa Arab Flexischool PBD

بسم الله الرحمن الر حيم

Sejak 2019, seiring mulai mengenal dakwah sunnah, pembelajaran qiroati / baca qur'an di lingkungan Flexischool PBD mulai mengikuti kaidah rasm utsmani. Dan sejak 2020 untuk menulis mulai mengikuti kaidah penulisan khot naskhi.

Atas rekomendasi Ustadzah Ummu Aisyah (mudarrisah Rumah Belajar Anshorussunnah Pangkalpinang), untuk pembelajaran qiroati, Flexischool PBD memilih referensi dari buku AISAR LISH SHIGHAR yang disusun oleh Al-Ustadz Abu Humayd Fauzi bin Isnain khusus untuk kalangan pemula (kanak-kanak dan kesepuhan). Selain mengikuti program tahsin, Fasilitator pun diharapkan menggunakan audio kajian beliau untuk terus berlatih, dan menyampaikan pada orangtua jika da bagian yang perlu dikoreksi dari anandanya (biasanya di bagian makhrijul huruf dan qolqolah, maupun cara meng-ghunnah).

Sedangkan untuk pembelajaran khot naskhi, Flexischool PBD memilih menggunakan buku latihan menulis khot naskhi terbitan AtTuqqa, karena memang dirancang untuk anak-anak, antara lain dengan adanya ukuran font besar, sesuai untuk tahap perkembangan anak. Tahapan belajar khot naskhi dimulai dari memahami dan berlatih menulis huruf lepas, hingga ke penulisan bentuk huruf sambung (awal, tengah, akhir). Ada 8 jilid secara keseluruhan pembelajaran, namun Flexischool PBD mencukupkan pembelajaran sampai jilid 5 dulu, kemudian boleh langsung dilanjutkan ke pembelajaran bahasa Arab.

Jadi bagi ananda yang telah cukup menguasai penulisan arab sesuai kaidah khot naskhi jilid 1-5 dan sudah bisa membaca arab (ditandai selesai AISAR jilid-2), sudah boleh mulai berlatih praktek menulis bahasa arab, dengan mengenal kaidah tata bahasa arab secara bertahap.

Untuk pembelajaran bahasa Arab itu sendiri, Flexischool PBD menggunakan rangkaian buku latihan (workbook) yang berjudul AYO BELAJAR BAHASA ARAB terbitan Attuqa, yang tahapannya dimulai dari memahami kosakata dan berbagai kalimat sederhana yang sering digunakan dalam keseharian.

Alhamdulilah, pada bulan Mei 2023 ini Flexischool PBD telah bermitra dengan KBBA (Kelompok Belajar Baca Alquran & Kelompok Belajar Bahasa Arab) yang diasuh oleh Al-Ustadz Miftahudin. Sehingga, pembelajaran qiroati, hifdz Quran, dan bahasa Arab ananda-ananda di Flexischool PBD akan mulai diampu dan ditinjau oleh tim KBBA, selain dari bimbingan harian oleh tim fasilitator Flexischool PBD. semoga dengan adanya tim pembimbing yang jauh lebih ahli ini dapat membawa kebaikan dan kemajuan yang lebih besar bagi perkembangan belajar ananda.


Baarokallah.


Sumber Foto:

- AISAR LISH SHIGHOR, penerbit Ibnul Jazari.

- AYO BELAJAR BAHASA ARAB, katalog AtTuqqa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Assesment Psikologis - Pemetaan Profil Calon Ananda Didik PBD

Ternyata, Public Speaking Dapat Meningkatkan Kemampuan Akademis!

Kecerdasan Anak Bukan Hanya Satu? Apa Saja?